Cara Memilih Kucing Yang Sehat

Pada artikel ini saya ingin berbagi tips cara memilih kucing yang baik, mungkin sebagian dari anda ada yang berkeinginan memelihara kucing ?

Dalam hal ini banyak yang perlu diperhatikan karena sembarangan memilih kucing bisa membuat anda stress dikarenakan kucing yang anda pilih tidak sehat atau mempunyai penyakit yang cukup sulit untuk ditangani.
Jadi jangan terlalu buru-buru dalam memilih, kecuali anda sudah siap dengan resikonya jika ternyata memang kucing yang anda beli mempunyai penyakit yang cukup sulit untuk ditangani.

Di masa sekarang banyak sekali orang yang menjual kucing mereka mulai dari perseorangan maupun dari petshop, namun bukan jaminan kucing dari petshop adalah kucing yang sehat jadi harus benar-benar jeli untuk memilih, benerkan ?
Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu sebelum anda membeli kucing incaran anda. hehehe


1. Badan

Sudah sewajarnya kucing yang sehat pasti mempunyai bentuk badan yang gemuk dan tidak kurus, hal pertama ini adalah cara paling mudah membedakan kualitas kucing tersebut, jika kucing yang anda ingin beli memiliki badan kurus sebaiknya harus anda pikirkan lagi.

2. Hidung

Hidung kucing juga perlu diperhatikan, karena kucing yang sehat pernafasanya teratur tidak sesak, selain nafas yang teratur juga suhu hidung kucing tersebut jika di pegang hangat dan lembab tidak kering dan panas, jika hidung kucing tersebut panas dan kering hmmm.. perlu di pertimbangkan deh!

3. Mata

Mata kucing memang berbeda-beda bentuknya karena kucing di indonesia sendiri juga memang sudah banyak variasinya seperti artikel sebelumnya : 5 Jenis Kucing Di Indonesia
Namun cara paling mudah adalah mata kucing yang sehat selalu bersih, tidak merah, tidak mempunyai noda dan tidak mengeluarkan air mata berlebihan, kecuali untuk jenis kucing yang mempunyai muka rata.

4. Mulut

Mulut kucing yang bagus biasanya berwarna merah jambu, tidak memiliki luka dan untuk bentuk giginya teratur tidak ada yang patah/berdarah.

5. Telinga

Untuk telinga, biasanya tergantung perawatan dari pemilik kucing tersebut, biasanya jika sang pemilik benar-benar merawat dengan baik telinga pasti bersih namun sebagian dari orang yang mempunyai kucing enggan membersihkan telingan kucing tersebut.

6. Bulu

Kucing yang sehat pasti memiliki bulu yang sehat dan halus, tidak rontok maupun kusut.
Oya perhatikan juga pada bagian bulu kucing tersebut apakah ada kutunya, walaupun untuk membasmi kutu kucing tergolong mudah namun ada baiknya anda memilih kucing tanpa kutu agar tidak ada perawatan tambahan setelah anda membawanya ke rumah anda.

7. Kulit

Yang terakhir adalah kulit, banyak kucing mempunyai bentuk badan yang bagus (gemuk) namun mempunyai penyakit kulit yang cukup sulit untuk di tangani, jadi hal ini sangat penting bagi anda jika memilih kucing harus cek bagian kulit kucing tersebut apakah terdapat penyakit kulit / jamur atau tidak ya!



Itulah sedikit tips yang mungkin bisa membantu dalam memilih kucing, jadi harus berhati-hati dalam memilih karena kucing yang sehat tentunya sangat penting, kalau kucing yang anda pilih terdapat penyakit pastinya harus mengeluarkan biaya lagi untuk perawatan tambahan.
Semoga bermanfaat ya ! hehehe

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »